Selamat datang di sudimampir.blogspot.com temukan hal hal yang UNIK , ASYIK dan MENARIK disini , ENJOY !!

Senin, 14 Februari 2011

Sambut Maulid Nabi & Valentine, 13 Pasangan Nikah Massal di Purwokerto

 
Foto: Arbi (detikcom)
Purwokerto - Warga Purwokerto membuat selebrasi unik menggabungkan momen Maulid Nabi dan Valentine. Pengurus kecamatan setempat mengadakan acara nikah massal yang diikuti oleh 13 pasang calon pengantin yang sebagian sudah lama berkeluarga.

Acara ini diadakan oleh Kecamatan Purwokerto Selatan di halaman kantor kecamatan, Puwokerto Selatan, Banyumas, Jawa Tengah, Senin (14/2/2011). Camat setempat mengadakan acara ini, sekalian juga dalam rangka menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW 1432 Hijriah.

"Nikah Massal, Kecamatan Purwokerto Selatan di Moment Penuh Kasih Sayang 2011, serta peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1423 H," demikian baliho besar yang menjadi latar belakang tempat acara.

Camat Purwokerto Selatan, Titik Puji Astuti mengatakan acara pernikahan masal ini gratis untuk warga yang kurang mampu dan sebenarnya panitia menargetkan 14 pasangan. Namun, yang dapat memenuhi persyaratan di Kantor Urusan Agama hanya 13 pasangan.

"Nikah massal ini kita peruntukkan untuk warga kurang mampu, jadi gratis. Mereka yang tidak lolos umumnya pasangan yang masih belum bercerai secara resmi. Selain itu ada 40 pasangan lain yang sudah hidup serumah namun belum tercatat di KUA. Jadi mereka hanya nikah siri, bukan kumpul kebo, melainkan hanya terkendala masalah administrasi," kata Titik.

Para calon mempelai mengikuti acara tersebut dengan hikmat. Acara pernikahan dimulai pukul 09.30 WIB diikuti oleh para peserta yang berbeda-beda usia, yang paling muda usianya yakni pasangan Adji (21) dan Riska (20). Pasangan yang tertua yaitu Nurhadi (53) dan Naritem (45).

Menurut Nurhadi, pengantin tertua, dirinya merasa senang karena pernikahannya diakui oleh negara. Selama 15 tahun, dia menikah siri dan selalu kesulitan mengurus administrasi.

"Saya senang sekali. Sudah 15 tahun saya menikah dan mempunyai 4 anak yang saat ini sudah sekolah, tapi baru kali ini saya merasa lega. Selama ini saya selalu kesulitan jika mengurus administrasi karena tidak mempunyai akta nikah," jelasnya.

(fay/nrl) detik.com

=====) Daftar Isi (=====