Selamat datang di sudimampir.blogspot.com temukan hal hal yang UNIK , ASYIK dan MENARIK disini , ENJOY !!

Selasa, 26 Oktober 2010

Kiamat 2012 Mungkin Tertunda?


Headline


INILAH.COM, Jakarta- Kiamat mungkin tidak akan terjadi pada 2012. Seorang ahli menilai intepretasi penanggalan kuno Maya yang berakhir pada 21 Desember 2012 mungkin tidak akurat.

Dalam salah satu bab di buku berjudul Calendars and Years II: Astronomy and Time in the Ancient and Medieval World (Ocbow Book, 2010) penanggalan yang dibuat oleh suku Maya jika dicocokkan dengan kalender modern mungkin berbeda 50 hingga 100 tahun.

Gerardo Aldana dari University of California yang menulis studi menekankan perlunya pemulihan kembali dokumen kolonial yang ditulis dalam bahasa Maya ke abjad latin.

Kebenaran menurut Aldana belum bisa ditemukan, dan teori lama tidak perlu dipercaya.

Kalender Maya awalnya dikonversi ke kalender Gregorian, penanggalan modern yang menggunakan perhitungan disebut GMT konstan.

Sebelumnya, GMT konstan dipaparkan oleh ahli antropologi dan lingustik Amerika Floyd Lounsbury.

Ia menggunakan data dari Dresden Codex Venus Table, kalender Maya yang berdasarkan grafik relatif pergerakan planet Venus.

"Lounsbury mengambil kesimpulan dengan menghapus hambatan terakhir untuk menerima sepenuhnya GMT konstan," kata Aldana.

Ia mengaku telah melakukan studi lebih lanjut untuk memastikan penanggalan dari GMT konstan. Aldana menilai teori Lounsbury masih bisa dibantahkan.

Jika Venus Table masih diragukan dalam menyimpulkan akhir penanggalan kalender Maya, maka menurut Aldana, suatu kebenaran masih dipertanyakan tergantung validitas data yang kuat.

Data historis, menurut Aldana kurang akurat sehingga tidak bisa dianggap benar. Saat ini, Aldana tidak memiliki jawaban mengenai konversi kalender yang benar, namun ia memilih untuk fokus mengapa interpretasi lampau bisa saja salah.[ito]



http://teknologi.inilah.com/read/detail/905042/kiamat-2012-mungkin-tertunda

=====) Daftar Isi (=====