Selamat datang di sudimampir.blogspot.com temukan hal hal yang UNIK , ASYIK dan MENARIK disini , ENJOY !!

Senin, 01 November 2010

Salah Ketik Twitter, Dijebak Iming-Iming iPad



  
Jakarta - Hati-hati, salah ketik situs populer seperti Twitter atau Facebook bisa mengarah ke halaman yang menjebak. Bahkan lengkap dengan iming-iming iPad.

Demikian peringatan yang dikutip detikINET dari PCWorld, Senin (1/11/2010). Metode ini disebut sebagai typosquatting, gabungan dari salah ketik (typo) dengan cybersquatting.

Twitter, Facebook dan YouTube disebut-sebut sebagai situs yang kerap jadi korban aksi ini. Salah satunya bahkan makin 'canggih' dengan mengiming-imingi iPad gratis.

Hal itu terjadi di situs Twiter.com (salah eja dari Twitter.com, yang memiliki dua 't'). Saat dikunjungi, situs itu menampilkan sebuah halaman mirip Twitter dengan logo burung biru.

Sebuah pesan kemudian muncul, yang berbunyi: "Dear Visitor, You've been selected to take part in our anonymous survey. Complete this 30 second questionnaire, and to say 'thank you', we'll offer you a few exclusive prizes. This offer is available today only."

Hadiah yang dimaksud termasuk iPad hingga sertifikat hadiah senilai seribu dolar. Cara menampilkannya pun bisa mengecoh pengunjung, seakan-akan tawaran itu datang dari Twitter.

Padahal, alamat yang digunakan adalah twitter.com-survvey2010.virtuosads.com. Perhatikan bahwa bagian depan alamat itu menipu dengan mencantumkan nama Twitter.com.

Sedangkan soal hadiahnya, untuk bisa mendapatkannya pengunjung harus mengisi banyak survei dan mendaftar pada berbagai layanan hanya untuk memenuhi syarat untuk ikut undiannya. Tak ada jaminan bakal dapat hadiah.

Uniknya lagi, kunjungan berikutnya ke situs palsu Twiter.com belum tentu mengarahkan pengguna ke situs undian jebakan tadi. Agaknya, penyelenggara undian itu hanya satu dari banyak klien pelaku Typosquatting.

 

http://www.detikinet.com/read/2010/11/01/083423/1481115/323/salah-ketik-twitter-dijebak-iming-iming-ipad/?i991101105

=====) Daftar Isi (=====