Spoiler for gambar Jam Pasir1:


Spoiler for gambar Jam Pasir2:


Spoiler for gambar Jam Pasir3:




Toshiba pada tanggal 1 Mei 2004 untuk memperingati masuk Hongaria di Uni Eropa, membuat Jam Pasir yang diperkirakan menjadi terbesar di dunia, terbuat baja granit merah dan kaca tahan peluru, menggabungkan dengan perhitungan waktu zaman manusia primitif, dihubungkan dengan alat ukur komputer yang sangat tepat.

Jam Pasir ini terletak di Budapest dekat pintu masuk ke Taman Kota, pasir dalam jam pasir mengalir dari satu sisi perangkat yang lain selama satu tahun penuh dan butir terakhir diprogram mengalir tepat tengah malam pada Tahun Baru.
Aliran ini kemudian dirubah secara manual, sehingga mulai mengukur di tahun berikutnya, dibutuhkan waktu 45 menit, dengan tenaga 4 orang untuk mengubahnya 180 derajat, dengan sebuah alat bantu kabel logam, dan selama ini Jam Pasir terbesar di dunia tersebut selalu tidak pernah meleset untuk menggulirkan satu butir pasir di saat tutup tahun.

Beberapa ahli mengatakan ini sebuah terobosan baru yang mungkin saja, Toshiba tidak akan pernah menemukan sebuah ide secemerlang Jam pasir.