Selamat datang di sudimampir.blogspot.com temukan hal hal yang UNIK , ASYIK dan MENARIK disini , ENJOY !!

Kamis, 14 Oktober 2010

Keintiman Yogyakarta dan Kanjeng Ratu Pantai Selatan



Gan, kan seminggu yg lalu ane ke Jogja. Pengen ngerasain kehangatan suasana disana, tau sendiri kan gan orang2nya ramah bgt.
Nah trus ane maen tu ke Kraton, keliling2 ngeliat2 kaga jelas, trus muncul seorang mas yg lg mw ngasih makan burung2 di dlm Kraton gan, lupa nama masnya siapa.
Ternyata dia Abdi Dalem disana gan. Berlanjutlah dia kita jadiin Guide buat ngasih tau tentang Kraton. Cerita panjang bgt gan & semakin membuat ane semakin terkagum2 dengan Kasultanan Ngayogyakarta ini.

Di tengah cerita kaga sengaja menyinggung soal Pantai Selatan dan penguasanya yaitu pada taulah gan Kanjeng Ratu Roro Kidul. Ternyata beliau ini (Kanjeng Ratu) punya andil yang besar atas Yogyakarta, dimana dia juga adalah pelindung Kesultanan ini khususnya keluarga kerajaan.

Dan yg paling membuat ane kaget gan, mas yg Abdi Dalem itu ngomong bahwa setiap sultan Yogyakarta (Sri Sultan HB) harus menjadi pasangan Kanjeng Ratu, dan hebatnya hal ini sudah berlangsung sejak kerajaan ini berdiri pertama kali oleh Sri Sultan HB I. Didalam Kraton, juga terdapat sebuah kamar yang diperuntukkan bagi Kanjeng Ratu untuk disambut oleh Sultan HB.

Dan katanya fenomena jika Kanjeng Ratu datang ke Kraton, masyarakat sekitar sudah mengerti. Dimana akan bertiup angin yg tidak seperti biasa. Ini pertanda bahwa Yang Mulia Kanjeng Ratu datang.

Itu aja yg ingin ane share gan, sebenarnya pelindung kerajaan/kesultanan ini ada 2 sosok yaitu penguasa Pantai Selatan seperti yang dibahas sekarang dan penguasa Gunung Merapi. Siapa namanya, ntar akan ane bahas sepengetahuan ane gan.


Kanjeng Ratu

Spoiler for Kanjeng Ratu:

Sri Sultan HB X

Spoiler for Sultan:


sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3257302

=====) Daftar Isi (=====